Lompat ke isi utama

Berita

Digitalisasi, Modernisasi Hasill Pengawasan

Digitalisasi, Modernisasi Hasill Pengawasan

Digitalisasi, Modernisasi Hasill Pengawasan

Kebumen - Pasca Penetapan Hasil Pemilu 2024 Secara Nasional, Bawaslu Kabupaten Kebumen adakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan (25/3).

Setelah berjibaku mendampingi Panwaslu Kecamatan dari sisi administrasi pengawasan, mulai dari pengawasan kampanye, pengawasan masa tenang, pengawasan pemungutan dan penghitungan suara serta pengawasan rekapitulasi perolehan suara, Bawaslu Kabupaten Kebumen undang 78 pelaksana teknis Se-Kabupaten Kebumen. Kerja-kerja teman-teman sekretariat tentunya perlu di apresiasi. Apalagi pasca pengawasan pemungutan dan penghitungan suara, dalam memenuhi instruksi digitalisasi yang cukup menguras tenaga, waktu dan pikiran.

“Digitalisasi Hasil Pengawasan, manfaatnya tidak hanya sebagai persiapan persidangan perselisihan hasil pemilihan umum, namun juga sebagai arsip Panwaslu Kecamatan”, ujar Badruzzaman pemateri pada kegiatan hari ini. 
Kaitannya dengan PHPU, digitalisasi ini dapat memudahkan pengawas dalam mempersiapkan pembuktian dalam persidangan. Sedangkan kaitannya dengan kearsipan bahwa dokumen pengawasan menjadi salah satu dokumen yang diarsipkan, pengarsipqn bisa berupa hardcopy maupun softcopy.

Pada era modernisasi ini, digitalisasi menjadi penting untuk dilakukan, termasuk juga pada hasil pengawasan pemilu 2024. Digitalisasi hasil pengawasan dapat dilakukan dengan merubah format hasil pengawan menjadi soft file, semisal Form A beserta dokumen pendukung lainnya seperti C Hasil dan D Hasil yang di scan menjadi dokumen bentuk PDF.

Digitalisasi hasil pengawasan tidak hanya berupa dokumen, namun bisa juga dengan mendokumentasikan kegiatan pengawasan melalui jepretan kamera. Walaupun sedikit dokumentasi, namun jika dapat mengolah dengan baik, kita tidak hanya bekerja mengawasi namun juga tampak bekerja mengawasi, didepan publik tentunya. (Hms-Ptr)